Laman

Jumat, 13 Januari 2012

Assalamu'alaikum Wr. Wb...


Selamat datang di blog Ratkirani...


Ratkirani si bunga sedap malam


Bunga sedap malam telah dikenal di masyarakat Indonesia secara luas. Saya sendiri jatuh cinta pada bunga sedap malam ketika malam pernikahan saya dengan suami tercinta sekitar hampir 10 tahun yang lalu….yang waktu itu memberikan aroma wanginya yang luar biasa yang bahkan mengalahkan wangi sang bunga utama yaitu melati. Wangi bunga sedap malam kala itu mampu menciptakan suasana romantis di hati saya….uhuk..uhuk..uhuuuyy

Menurut bang Wiki, Bunga Sedap Malam memiliki nama binomial Polianthes tuberosa (yang saya ga terlalu paham, karena pas SMA ga begitu ngdh pelajaran Biologi …qiqiqiqi)

Masih menurut bang Wiki, Sedap malam adalah tumbuhan hijau abadi dari suku Agavaceae. Minyak dari bunga ini digunakan dalam pembuatan parfum

Bunga sedap malam biasa mekar di malam hari.
Harum bunga ini digambarkan sebagai harum yang kompleks, eksotis, manis, dan khas bunga. Tanaman ini tumbuh hingga 45 cm dan menghasilkan rumpun bunga putih. Daunnya panjang dan berwarna hijau muda yang mengumpul di pangkal batangnya.

Tanaman ini diperkirakan berasal dari Mexico. Bangsa Astek mengenalnya dengan nama omixochiti, yang berarti "bunga tulang". Di Singapura bunga ini dinamakan xinxiao, yang berarti “tempat hinggap ngengat”. Di Persia, bunga ini disebut Maryam, yang merupakan nama umum bagi anak perempuan. Di India bagian timur, nama bunga ini adalah ratkirani, yang berarti “ratu malam”.

Sampai disini, mungkin sudah paham kenapa saya memilih nama RATKIRANI, dan bukan xinxiao kan….?? LOL

Baru inilah pengetahuan saya tentang Ratkirani atau Bunga Sedap Malam, kalo ada yang mau bantu menambah pengetahuan saya tentang bunga ini, saya akan sangat berterimakasih sekali….saya tunggu tambahannya di komentar….

3 komentar:

  1. Ratkirani tuh opo sih bu? apane lilin kecil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coming soon...penjelasan ttg ratkirani...:-D
      Btw...smean kok bs langsung ngenali? Pdhl judul n alamat sdh kuganti...???
      Maklum...beginner...:-)

      Hapus